Cara Membuat Makalah Yang Baik Dan Benar

Cara Membuat Makalah Yang Baik Dan Benar - Diartikel kali ini Tontenk akan membahas tentang Cara Membuat Makalah Yang Baik Dan Benar. Sebelum sobat membuat makalahada baiknya sobat tau dulu apa sih makalah itu'??? Nih Tontenk kasih penjelasannya. Makalah adalah suatu karya tulis ilmiah mahasiswa mengenai suatu topik tertentu yang tercakup dalam ruang lingkup suatu perkuliahan.Makalah ini umumnya merupakan salah satu syarat untuk menyelesaikan suatu perkuliahan, baik berupa kajian pustaka maupun hasil kegiatan perkuliahan lapangan. Nah untuk Cara Membuat Makalah Yang Baik Dan Benar nih Tontenk kasih contohnya mungkin bisa buat sobat jadiin referensi.
Cara Membuat Makalah Yang Baik Dan Benar

Contoh Cara Membuat Makalah Yang Baik dan Benar:

1.    Pendahuluan (Judul bab dan sub bab ditulis 11pt, bold, Title case, spacing before 6pt)
Penulisan makalah Tugas Akhir ini merupakan suatu bentuk lain dari Tugas Akhir yang siap dipublikasikan pada berbagai media ilmiah baik untuk kepentingan kalangan akademisi maupun praktisi. Oleh karena itu, disyaratkan pada mahasiswa untuk mengikuti beberapa pedoman penulisan makalah yang disesuaikan dengan beberapa referensi jurnal yang sudah terbit. Singkatnya, mahasiswa diharapkan membuat makalahnya persis seperti dokumen ini. Cara paling mudah adalah dengan men-down-load file pedoman sebagai template, kemudian mengganti isinya dengan tulisan sendiri.

2.      Isi Makalah
Makalah sebaiknya ditulis dalam beberapa bab (tidak harus sama dengan bab pada Tugas Akhir) yaitu pendahuluan, metodologi penelitian (bukan gambar metodologi melainkan uraian pendekatan pemecahan masalah) atau formulasi model, pengumpulan data, analisis, kesimpulan, dan daftar pustaka.
Pendahuluan berisi uraian singkat tentang latar belakang, permasalahan, dan tujuan penelitian. Penempatan asumsi dan batasan disesuaikan dengan kebutuhan, artinya dapat diberikan pada bagian pendahuluan ini atau pada saat formulasi model / algoritma. 

3.     Ukuran halaman
Makalah dicetak dengan tinta hitam pada kertas HVS 80 gram berukuran A4 (21,0 x 29,7 cm), dengan marjin atas, kiri, dan kanan 2,5 cm sedang margin bawah 3,0 cm. 

4.     Pengetikan Naskah
Makalah ditulis dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar, diketik dengan menggunakan Microsoft Word, font Times New Roman ukuran 11pt kecuali judul, abstrak dan alamat instansi, alignment justified, spasi tunggal, dalam dua kolom dimana jarak antar kolom 0,85 cm (0,33”).
a.       Normal atau Body Text
Anda diperbolehkan menggunakan font lain untuk keperluan khusus misalnya untuk membedakan source code suatu program komputer dengan text pada materi pokok.
b.       Judul dan Penulis
•        Judul ditulis 12 pt, bold, centered, dengan model uppercase (huruf besar semua)
•        Nama penulis ditulis lengkap tanpa gelar
•        Nama subsistem, institusi/instansi, alamat surat, dan alamat e-mail semua penulis ditulis 10 pt
•        Abstrak dan Kata Kunci
Abstrak ditulis dalam dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Kata kunci merupakan kata yang mewakili keseluruhan penelitian dan sekaligus dapat digunakan sebagai patokan dalam pencarian tugas akhir.
c.        Halaman-halaman Berikutnya
Untuk halaman kedua dan seterusnya lanjutkan menggunakan dua kolom.
d.       Referensi
Penggunaan referensi seperti pada Pedoman Umum Penulisan TA. Contoh:
- Yoo dan Young (1998) telah mengembangkan data base statistik …..
- Pendekatan ini dikembangkan oleh Shaphiro et al. (1999)
Semua referensi yang digunakan dicantumkan pada Daftar Pustaka sesuai urutan abjad nama penulis pertama sesuai ketentuan pada Pedoman Teknis Penulisan TA.
e.       Nomor Halaman
Halaman dicantumkan pada kanan bawah tanpa footer dan header. 

5. Judul Bab dan Sub Bab
Judul dari suatu bab, sub bab, atau sub-sub bab  ditulis 11pt, bold, title case, spacing before 6pt.
1)             1) Sub bab
2)             2) Sub Sub Bab
       penulisan sub bab hingga 3 sub level, contoh :
3)             3) Teknik Optimasi Programa Linear
       penulisan sub bab hingga 3 sub level, contoh :
4)                   4) Asumsi Model Programa Linear
              
6. Gambar dan Tabel
Tabel dan gambar disajikan centered (pada batas margin halaman). Judul tabel ditulis di atas tabel, judul gambar di bawah gambar, keduanya dengan 10 pt.

7. Persamaan
Persamaan dituliskan justified dan diberi nomor sesuai urutan pemunculan yang dituliskan pada ujung marjin kanan dengan nomor arab dan berkurung. Contoh:
                                     (1)
8. Kesimpulan
Jumlah halaman dibatasi 10-15 halaman. Tidak diperkenankan terdapat lampiran. Dikumpulkan sebanyak 1 eksemplar dalam bentuk softcopy.

9. Daftar Pustaka
Anderson, R.E. Social impacts of computing: Codes of professional ethics. Social Science Computing Review 10, 2 (Winter 1992), 453-469.
TIMP 2002 Conference Format. Available at http://www.forumtimp.com/seminar
Conger., S., and Loch, K.D. (eds.). Ethics and computer use. Commun. ACM 38, 12 (entire issue).
Mackay, W.E. Ethics, lies and videotape, in Proceedings of CHI '95 (Denver CO, May 1995), ACM Press, 138-145.
Schwartz, M., and Task Force on Bias-Free Language. Guidelines for Bias-Free Writing. Indiana University Press, Bloomington IN, 1995

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter